Friday, May 20, 2016

Phobia Tanggal Tua

Ini adalah sebuah acara Kompetisi Blogger ShopCoupons X MatahariMall. Yang diselenggarakan oleh ShopCoupons. voucher mataharimall dan hadiah disponsori oleh MatahariMall.

mataharimall-kompetisi





 

#JadilahSepertiBudi - Eps. 1

 Jujur deeh.... kalau tanggal tua itu momok wajib yang ngga pernah bosan menyambangi hidup gw, padahal gw sendiri sudah berusaha semaksimal mungkin mengantisipasi kejadian ini. Nasib kali ya...  tanggal tua masih selalu setia menghantui.
Tapi syukurlah, gw masih berpegang pada prinsip "Hidup itu Pilihan, Mau Terus Hidup Apa Udahan". Ngga mungkin dong gw lepasin hidup berharga ini hanya karena ketakutan menghadapi tanggal tua. Maksud hati ingin mandiri, merantau membelah kerasnya metropolitan, dengan harapan ketika pulang ke kampung halaman nanti gw bisa bikin bangga keluarga. Bulan bulan pertama menginjakkan kaki di Jakarta, tingkat pede gw masih diambang batas normal, wajarlaahh karena uang saku dari ortu masih sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup gw sampai dua bulan kedepan. Maklum, gw anak kesayangan mereka, anak yang menjadi tumpuan harapan orang tua. Jadi jangan heran, ortu begitu berat melepas kepergian gw, tapi tekat baja untuk menaklukkan kehidupan ibu kota sudah bulat. Ortu tak bisa lagi mencegah cita cita dan keinginan mulia anaknya, satu satunya cara yang bisa mereka lakukan untuk melepas kepergian buah hati kesayangannya ini adalah dengan doa plus sisipan uang saku yang lumayan gede. Dimana uang saku itu tidak akan bisa gw dapatkan saat gw masih tinggal bersama ortu di kampung.
Pertama kali menginjakkan kaki di Jakarta, gw tinggal di rumah saudara. Lama lama ngga enak juga jika terus terusan numpang, yaah meskipun gw juga sadar diri dengan status numpang ini. Gw ngga pernah pelit tenaga, mulai dari bangun tidur bantuin nyapu, cuci piring, sampai nganter anak sodara ke sekolah sebelum berangkat kerja. Tapi yaa namanya numpang, kalau kelamaan pasti ada rasa nggak enak hati sama empunya rumah, padahal mereka sih fine fine aja. Dasarnya gw orangnya perasa, plus ngga bisa terus terusan ngrepotin orang. Akhirnya gw beranikan diri untuk pamit keluar dari kehidupan numpang ini, alasannya sih mau nyari kos kosan yang dekat dengan tempat kerja.
https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRXt_WVhPqVn7axFwmq4K3xnhAKCvNfwOObGfGxLDqjmWigoN-V0w
Seminggu Sebelum Gajian, momok tangga tua pun di mulai...
Bulan pertama hidup mandiri, masih aman sampai tiba tanggal satu di bulan berikutnya.
Setelah itu dari sinilah novel bersambung serial tanggal tua dimulai…….
Datang ke Jakarta hanya modal tekad, tanpa dukungan pendidikan yang memadai membuat gw harus rela menerima tawaran kerja dengan gaji sesuai UMR. Lama kelamaan uang saku yang menjadi andalanku menutup lubang di akhir bulan, menipis juga. Gaji pas pasan, sementara gw setiap bulan punya pengeluaran wajib buat bayar biaya kos, angkot, beli pulsa, beli makan 3x sehari, beli camilan karena gw orangnya ngga betah laper, dan masih banyak lagi ..kalo disebutin disini bisa bisa satu halaman hanya berisi daftar pengeluaranku saja -_-

Entah gw yang terlalu boros dan tidak bisa mengatur keuangan dengan baik meskipun sebenarnya gw cuma menghidupi diri sendiri, atau entah karena gajiku yang pas pasan sehingga ngga sanggup untuk menghadapi kekejaman biaya hidup di metropolitan, entahlah... tapi yang jelas dompet gw selalu mengempis parah seminggu sebelum gajian berikutnya tiba. Akibatnya setiap tanggal tua tingkat PeDe gw merosot tajam. Dan yang paling menyakitkan itu ketika tiba bulan bulan dimana banyak hajatan digelar. Bisa sampai lima kali dalam sebulan gw menyambangi hajatan. Mau ngga mau gw harus datang dan menyisihkan sedikit uang gaji gw untuk biaya sumbangan jika ada salah satu diantara teman kerja yang punya hajat. Bisa ditebak, keuangan pun berantakan. Malam minggu cuma bisa menyembunyikan diri di kamar kos, kalau ada temen yang datang dan mengajak gw keluar, gw bikin alasan kalau gw lagi ngga enak badan. Dan ngga enak badan yang tadinya cuma sekedar alasan menjadi kisah nyata, gw sakit beneran! Gimana ngga sakit kalau selama beberapa hari perut ini cuma terisi mie instan dan air putih. Kasihaaaan!!
Pernah suatu kali temen satu kerja menikah, tentu saja gw wajib datang. Tapi sialnya saat itu pas banget doi ngadain hajatan di akhir bulan, sehari sebelum gajian. Sementara duit hanya cukup untuk naik angkot dan makan buat sehari. Dan gw malu buat minjem uang kesana sini. Ngga mungkinlah gw mempertaruhkan harga diri gw, single tapi ngutang, oh tidaaaakk !! Tapi kalau ngga nyari pinjaman, gimana gw bisa nyumbang buat temen gw? Satu satunya jalan, gw cuma bisa mengisi amplop sumbangan dengan kertas yang gw kasih tulisan doa "Selamat Menempuh Hidup Baru, Semoga menjadi keluarga SaMaRa", dengan rasa bersalah gw memasukkan amplop itu ke dalam kotak sumbangan. Di perayaan nikah temen, gw sama sekali ngga menyentuh hidangannya meskipun ditawari berkali kali. Sebenarnya ngiler melihat makanan aneka rasa itu tergelar gratis disana sini. Tapi gw sadar diri, gw ngga nyumbang meeen... gw ngga mau berhutang budi. Dalam hati gw cuma berdoa, semoga kelak ketika gw menikah nanti, gw ngga mendapat balasan yang sama -_-
Berada di perantauan dan bertemu banyak teman baru, mengharuskan gw untuk bisa menjaga perasaan teman teman gw. Jika hari libur tiba, mereka sering mengajakku jalan, entah ke mall, ke tempat rekreasi atau berkunjung ke rumah teman kerja yang tinggalnya masih di sekitar Jakarta juga. Senang juga siih, karena gw jadi ngga terlalu jenuh terus terusan menghadapi rutinitas dan kemacetan kota yang bisa bikin stress kepala. Tapi hang out dengan teman teman ini terkadang juga membuat gw minder. Ngga mungkin kan, gw harus jalan dengan model baju, sepatu atau tas itu itu saja, malu rasanya. Tapi ngga mungkin juga setiap saat hang out gw harus menyediakan budget untuk membeli baju baru, bisa makin tekor nantinya. Padahal tiap jalan ke mall, gw ngiler banget melihat pajangan baju baju keren impian gw, dan gw nyadar kalau baju baju seperti itu cuma bisa gw beli beberapa bulan sekali. Akibatnya gw sering nyari alasan ketika temen gw mengajak jalan gara gara gw ngga mood karena ngga ada baju buat jalan yang oke. Huft!! Dan seringkali gw harus melewatkan kesempatan bergosip sambil hang out bersama teman. Dan malam minggu pun makin kelabu, teman pergi jalan, pacar masih sekedar khayalan, plus ngga ada cemilan yang bisa gw jadikan pelampiasan ketika mood sedang buruk. Duuuh... akhirnya cuma bisa nonton tv ditemani air putih, teman setiaku di kala tanggal tua. 
Dan disetiap doa gw selalu meminta agar horor tanggal tua lekas menjauh dari hidup ini. Gw lelah, gw bosan, gw harus gimana? Ngga mungkin juga gw harus minta kiriman ortu dari kampung, membalas kebaikan mereka pun belum, masa gw tega menyusahkan mereka lagi... Tanggal tua benar benar menakutkan! Seram! Dan bikin gw senewen ketika menghadapi momok itu. ooohh Tuhan aku terkena phobia tanggal tua!

Tanggal Tua Surprise

Ehh... tapi itu kisah hidup tanggal tua gw beberapa bulan kemarin. Hari ini  gw udah berubah, gw bebas, gw merdeka!, gw ngga takut lagi dengan yang namanya tanggal tua! 

Untung gw anaknya suka berselancar ke dunia maya ketika mengisi waktu luang. Suatu hari gw iseng iseng membuka situs Online Shop ternama, nyari info aja siapa tau ada promo promo yang bisa membantu kesusahan hidup gw di tanggal tua. Rupanya doa gw dikabulkan! Thanks God! Engkau selalu punya rencana yang indah buat hambaMu yang ngga kenal menyerah ini. Iseng gw penasaran sama promo Tanggal Tua Surprise nya MatahariMall. Kebetulan nama promonya kok ya pas banget dengan apa yang kuinginkan, pengen ngedapetin surprise di tanggal ajaib ini. Intip punya intip, ternyata disana promo diskonnya gede gedean. Gw bisa nyari beras dengan harga diskon, plus nyari baju baju keren dengan diskon yang super mantab! Asli! ini yang gue pengen dari dulu, gw bisa punya baju baju baru branded tapi dengan harga yang ramah di kantong anak kos seperti gw, trus gw coba tuh order barang barang di MatahariMall, ehhh ternyata bebas ongkir booook...diantar sampai rumah, widiiih makin oke ngga tuh?? Sudah harganya diskon, gratis ongkir, barangnya oke, ngga perlu capek capek ngantri di kasir lagi. Pas banget nih buat gw yang sering kejerat momok tanggal tua. Dan akhirnya gw kecanduan belanja disana, lebih hemat, gaji pun selamat. Bye Bye Tanggal Tua.............

Ini ceritaku di tanggal tua, mana ceritamu?

No comments:

Post a Comment