Thursday, October 26, 2017

PERSIAPAN : a Journey to be Mombassador SGM Eksplor



Bulan kemarin aku sudah mengulas tentang apa itu mombassador dan apa saja kegiatan yang dilakukan selama menjalani karantina as a mombassador SGM Eksplor. ecieee... karantina...hihiii
Buat yang belum tahu, bisa baca disini >> TEMU BUNDA SGM EKSPLOR 2017 : Mombassador Batch 5
Di postingan kali ini, aku mau mengupas tuntas, mengulik segala kerempongan, dan membongkar aneka persiapan baik fisik ataupun mental ketika tiba tiba telepon berdering dan mbak operator diseberang sana dengan merdu mengucapkan, "Selamat, bunda terpilih sebagai mombassador SGM Eksplor!"

ANTARA GALAU DAN BAHAGIA

Ini realita yang kualami saat mendengar kabar, fix! aku terpilih sebagai salah satu bunda yang beruntung berangkat ke Yogyakarta di tanggal 24 - 26 Agustus 2017. Bahagia, bangga dan tentunya berharap banget aku bisa datang ke Yogyakarta bertemu dengan teman teman sekaligus wisata gratis dolan dolan ke kota ini. Aduuh... siapa sih yang ngga mau dikasih fasilitas dari berangkat sampai pulang kembali ke rumah ditanggung sepenuhnya oleh pihak penyelenggara? Apalagi dengan posisi sebagai ibu yang notabene jarang dolan karena beban dan tuntutan profesi, eh sekaligus terhalang masalah biaya.
Tapi teteeep... namanya kabar bahagia, ngga afdol kalo ngga segera di sharing di akun medsos pribadi, hehee.. Begitu telepon ditutup, tak berselang lama, buka Facebook dan langsung update status pasang screenshot no telepon dari mbak CS SGM Eksplor, kasih kabar ke teman teman kalau aku barusan ditelepon. Yeahhh...lebay mode on ^^
Tapi dibalik kabar bahagia, sesungguhnya terselip perasaan was was dan kuatir juga. Untuk mereka yang berprofesi sebagai wanita karier, mungkin tidak terlalu menjadi beban karena anak sudah terbiasa ditinggal dan sudah biasa bekerja di luar rumah. Tapiiii... yang punya profesi ibu rumah tangga sepenuhnya seperti diriku ini, galau itu pasti terjadi, secara 3 hari berturut turut kita akan tinggal jauh dari keluarga terutama anak. Saat itu aku galau karena di Jakarta ini benar benar hanya tinggal berempat dengan suami dan dua anakku, jauh dari orang tua dan saudara. Otomatis jika kutinggal keluar kota, anak akan menjadi tanggung jawab penuh suami selama 3 hari ke depan. Dan mau tidak mau, suami harus bisa membagi waktu antara pekerjaan di kantor dengan menjaga anak anak di rumah, atau jika pekerjaan memungkinkan, suami bisa minta ijin cuti selama 2 hari. Kebetulan hari ketiga jatuh di hari Sabtu yang memang libur kerja.
So, buat kalian yang terpilih berangkat ke Yogyakarta menjadi mombassador, ada baiknya sesegera mungkin melakukan perencanaan matang tentang bagaimana dan siapa yang akan mengasuh anak selama kita tinggal ke Yogyakarta. Dekati suami, berkata lembut, mintalah ijin sekaligus bantuannya. Jika memang keadaan tidak memungkinkan, ngga ada salahnya membayar pengasuh selama 3 hari ke depan. Tapi jika anak kita masih bayi dan masih memerlukan ASI atau masih memerlukan pengawasan intensif ibunya, aku sarankan agar tidak memaksakan diri daripada nantinya pikiran kita tidak tenang, yang menyebabkan kita tidak akan menikmati kebersamaan dengan teman teman disana. 

PERSIAPAN SEBELUM KEBERANGKATAN

A. Whatsapp Group

Nah, kita tinggalkan dulu kegalauan di atas, sekarang beralih ke persiapan yang diperlukan selama berada di Yogyakarta. Berdasarkan pengalaman kemarin, setelah selesai proses verifikasi, biasanya dari pihak SGM Eksplor akan bergerak cepat mengumpulkan data nomor telepon yang kemudian akan dibuat dalam sebuah Group khusus Mombassador. Group ini sangat membantu sekali, karena dari sini kita dapat memperoleh berbagai informasi dan persiapan apa saja yang diperlukan. Setiap anggotanya selalu saling mengingatkan apa yang perlu dibawa dan apa yang tidak diperlukan. Informasi keberangkatan, penjemputan, dan lain lain akan di update melalui group ini. Bahkan kemarin di Group Mombassador Batch 5, tiket pesawat juga diberikan lewat group ini.
Dan bukan hanya satu Group saja yang terbentuk, setiap daerah juga punya komunitas group sendiri. Seperti Group Whatsapp Mombassador khusus Jabodetabek. Gunanya untuk memudahkan komunikasi. Kan asyik kalau ternyata ada teman yang searah, jadi saat berangkat tidak was was. Apalagi Mombassador Batch 5 khusus Jabodetabek penjemputannya menggunakan sistem meeting point. Yang artinya kita berkumpul di wilayah yang sudah ditentukan sesuai dengan tempat tinggal. Berbeda dengan batch batch sebelumnya yang benar benar dimanja dengan sistem jemput bola, datang dijemput, pulang diantar sampai depan rumah. 
Walaupun lumayan menguras persiapan dan energi, tapi alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar dan sesuai rencana. Kebetulan area meeting point yang dekat dengan tempat tinggalku adalah di Tamini Square. So, aku bersama empat teman yang lain bertemu disana.


B. Barang Apa Saja Yang Harus dibawa?

Sebenarnya relatif sih ya... mau bawa baju satu koper juga tidak masalah, hanya saja tidak efisien dan menyusahkan diri sendiri. Kok bisa? Iya doong...
Dari pengalamanku kemarin, selama tiga hari disana, pihak SGM sudah menyediakan baju seragam yang wajib dipakai selama mengikuti kegiatan mombassador SGM Eksplor. Ada tiga buah kaos yang diberikan yang bisa dipakai di hari pertama, kedua dan ketiga. Itulah kenapa saat ditelepon, mbak CS menanyakan ukuran kaos kita. Bingung dengan ukurannya? Gampang kok, kaos yang diberikan memiliki standart yang sama dengan kaos dipasaran. Tinggal coba kaos suami, jika kebesaran tinggal turunkan ukurannya, misal dari M ke S. Kemarin aku memilih ukuran M, dan nyatanya kegedean buat ukuran tubuhku, BB 49 Tinggi 153.... hihiii.. jangan bilang pendek dan gemuk loh! Awas ntar kulempar bunga ..... sama vasnya.
Nah, dibawah ini ada beberapa list barang yang menurutku wajib dibawa :

1. Baju / Gamis / Gaun / Setelan / Pakaian Resmi
Karena apa? karena malam kedua disana akan ada malam gala dinner, makan makan sambil mendengarkan lagu dari band asal Yogja bersama semua teman dan team mombassador SGM Eksplor di sebuah rumah makan istimewa di Yogyakarta. Dan bukan hanya acara makan makan bersama, tapi sekaligus malam pengukuhan sebagai MOMBASSADOR SGM EKSPLOR. Kita akan maju satu persatu dan menerima sertifikat Mombassador diiringi blitz kamera berkali kali. Jadi jangan sampai penampilan kita malu maluin yaaa, hehee.. 
Siapkan Gaun/ Gamis dan jilbab / Setelan/ ataupun pakaian resmi, satu pasang saja yang kita miliki. Disarankan untuk pakaian saat gala dinner bernuansa kemerahan, tapi boleh kok pakai warna apa aza, yang penting rapi dan sopan.

2. Sepatu Kets / Sneakers / Flat Shoes
Acara disana sangat padat, dan mengharuskan kita bergerak cepat dan lincah. Jadi sangat disarankan untuk memakai alas kaki tertutup yang nyaman. Selain itu, kunjungan ke Pabrik Sari Husada, mewajibkan untuk memakai sepatu tertutup atau kita tidak akan bisa memasukinya. Dan salah satu acara mombassador adalah Out bond, benar benar kegiatan fisik di lapangan. Jadi pastikan memakai sepatu yang nyaman, pas dan ngga membuat kaki lecet atau keseleo.
Boleh pakai High heels ngga? boleh banget, tapi hanya cocok dipakai ketika malam Gala Dinner saja. Siang hari sepertinya lebih nyaman memakai sneakers atau flat shoes. 
Terus... bawa sandal ngga ya? Saranku sih, ngga perlu ya... karena kegiatan disana lebih banyak memakai sepatu, dan kalau malam ingin jalan jalan di sekitar hotel, kita bisa memakai sandal hotel. Itung itung mengurangi beban bawaan dari rumah. 

3. Kamera / Handphone / Powerbank / Tongsis / Charger
Nah, kalau yang ini wajib banget dibawa. Apalagi HP, jangan sampai ketinggalan lah yaa. Dimana ada kamera, pasti bawaannya langsung "cekrekkk!!" ngga ada rasa canggung ataupun malu, rasanya itu seperti sudah kenal akrab dan lama padahal baru jumpa di dunia nyata hari itu. Dan itulah hebatnya mombassador, bisa langsung akrab dan menjadi sahabat dalam sekejab.

4. Uang Tunai
Penting banget nih... meskipun dari berangkat, pulang kerumah, uang saku untuk beli oleh oleh, makan, cemilan dan tidur sudah ditanggung sepenuhnya oleh pihak SGM, tetap saja penting untuk membawa uang tunai. Untuk apa? Untuk berjaga jaga, misalnya, saat sesi membeli oleh oleh. Biasanya bus yang membawa kami langsung ke pusat oleh oleh, disana kita bisa membeli berbagai makanan khas Jogja. Tahu sendiri doong, emak emak biasanya kalap, heheee.. karena waktunya terbatas, waktu untuk  ke ATM mepet, daripada gagal membeli oleh oleh karena ribut mencari mesin ATM, lebih baik membawa uang tunai karena tidak setiap pusat oleh oleh punya mesin gesek sendiri.

5. Make Up
Jangan lupa untuk membawa make up sendiri ya, karena begitu turun dari pesawat / kereta, banyak paparazzi yang sudah menunggu disana. Ngga mau doong kalau tampilan cemong berminyak langsung dijepret aja, xixiii

6. KOPER / Tas Tambahan
Kalau untuk yang ini, aku lebih menyarankan untuk membawa koper saja. Dari pengalamanku kemarin yang memilih membawa tas tambahan ternyata lebih merepotkan saat pulang. Jika saat keberangkan, diriku terlihat lebih nyantai, ngga ribet, bebas melenggang kesana sini hanya dengan back pack tipis dipunggung plus tas bawaan tempat menaruh dompet, surat2 dan hp, maka saat pulang, diriku terlihat sangat kerepotan. Dan teman teman yang membawa koper jauh lebih santai, hiks.
Kenapa? Bisa dimaklumi..saat berangkat, lebih banyak yang memilih cara praktis karena barang bawaan yang tidak terlalu banyak dan muat hanya ditaruh di dalam back pack atau tas punggung. Tapi bayangkan ketika pulang....
Ada banyak barang tambahan yang kita bawa pulang, mungkin oleh oleh dari teman sekamar, Oleh oleh yang kita beli di Yogja, oleh oleh dari SGM, merchandise, batik, plus tiga buah baju kaos dari SGM Eksplor, dan lain lain. Dan meskipun sudah ditata sedemikian rupa, back pack ku tidak bisa menampung semuanya. Jadi saat perjalanan pulang, aku menggendong tas, membawa tas tangan berisi hp dan dompet, menenteng kardus oleh oleh khas Yogja yang kubeli saat sesi membeli oleh oleh, plus masih  membawa satu kardus oleh oleh yang diberikan SGM Eksplor untuk mombassador. Dan mereka yang membawa koper.... aduhaiiii nyamannya. Oleh oleh itu bisa mereka ringkas ke dalam kopernya. Koper masuk bagasi, tinggal melenggang dengan santai dan duduk nyaman, sementara diriku, berkutat dengan tentengan di kanan kiri sekaligus gendongan di punggungku. Jadi, membawa koper adalah saran terbaikku, tentu saja di samping tas tangan khusus untuk membawa barang barang pribadi.

7. Obat Obatan Pribadi / Pembalut Wanita
Bagi bunda bunda yang sedang mengkonsumsi obat, atau memerlukan obat tertentu, obat obatan pribadi tersebut jangan lupa dibawa. Kalau untuk pembalut wanita, saya sarankan untuk bunda yang sedang dalam masa haid saat acara berlangsung atau saat acara itu terjadi ternyata berdekatan dengan tanggal tamu bulanan datang. Sementara untuk obat obatan umum seperti, minyak kayu putih, minyak gosok, fresh care, dsb, boleh banget dibawa, bisa untuk jaga jaga kalau kalau kembung di perjalanan.

8. ID Card / KTP
Ini wajib dibawa dan ngga boleh ketinggalan ya bunda!

9. PULPEN / BOLPOINT
Penting juga nih, karena sampai disana, kita akan diminta untuk mengisi berlembar lembar data diri, hehee.. jadi biar ngga kelamaan lebih baik bawa pulpen sendiri, karena teman teman yang lain juga pasti sibuk mengisi.

10. Baju Tidur dan Pakaian Dalam
Disana stay dihotel 2 malam, kalau aku dulu cukup membawa baju tidur 1 saja cukup untuk 2 malam, plus tak lupa pakaian dalam perempuan secukupnya.

11. Sikat Gigi
Untuk persiapan saja, siapa tahu pihak hotel tidak menyediakan sikat gigi. Kalau sabun mandi, shampoo, sabun muka, di hotel sudah tersedia. Jadi menurutku tidak perlu bawa, kecuali sabun muka, karena kadang kita hanya cocok dengan merek tertentu.

12. Jilbab / Hijab warna Merah
Disarankan untuk yang berhijab agar memakai jilbab berwarna merah agar matching dengan bajunya. Plus saat difoto biar terlihat bagus seragam.

Sepertinya hanya itu yang wajib ada dalam list bawaan kita. Untuk bunda bunda yang ingin membawa barang barang lain sesuai keperluan, tetap dipersilahkan, selama bukan barang berbahaya dan bukan barang yang dilarang pemerintah, diizinkan dan tidak akan dirazia kok^^

C. Penjemputan
Seperti yang sudah kuulas diawal, untuk daerah daerah selain Jabodetabek, penjemputan dilakukan oleh travel di depan rumah kita. Sementara bunda bunda Jabodetabek bertemu di meeting point yang  telah ditentukan untuk kemudian berangkat ke bandara bersama sama.

D. Persiapan Fisik
Sebaiknya bunda harus mempersiapkan fisik tetap prima agar fokus mengikuti rangkaian kegiatan disana. Kurangi begadang dan makan teratur agar fisik terjaga. Saat memasuki kawasan pengolahan susu PT Sari Husada, kita tidak boleh dalam keadaan sakit. Jadi, biar kalian semua punya kesempatan melihat pabrik terbesar di Asia seluas 15 hektar di tengah kota Yogyakarta, jaga selalu kesehatannya yaa... Akan ada banyak pengetahuan menarik yang bisa didapatkan selama disana. Rugi banget kalau sampai melewatkan momen special ini.

E. PERLENGKAPAN IBADAH

Mukena, sejadah, jangan sampai ketinggalan ya...biar bisa beribadah dengan khusyu'. Ngga harus nunggu pinjam teman dulu^^


JANGAN TEGANG

Santai dooong bunda....
Selama disana kita benar benar dimanja, makanan selalu tersedia, dimana kita ngumpul sudah bisa dipastikan disitu bakal ada makanan berlimpah. Tidur di hotel berbintang bersama satu teman baru tempat kita bisa bertukar pengalaman. Makan di restoran enak dan ternama di Yogyakarta, serta menikmati suasana kota Yogyakarta. Kapan lagi bisa refreshing dan memanjakan diri seperti ini, jadi nikmati saja yaaa... anak anak juga pastinya berada dalam penjagaan orang yang tepat. Mereka juga bisa belajar mandiri dengan sekali kali jauh dari ibunya. So... don't worry, be happy






















9 comments:

  1. info nya sangat bermanfaat banget bundsay untuk aku nih yang newbei, makasi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama bun...smoga membantu dan mengurangi ketegangan saat hari H ^^

      Delete
  2. Alhamdulillah,akhirnya ada yg share.Efek galau harus bawa apa aja..Makasih ya bund infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama bun..selamat yaa, ayo nikmatin aja,,biar fun dan enjoy disana^^

      Delete
  3. Makasih bunda, review nya sangat bermanfaat. semoga saya diberi kesehatan selalu supaya akhir november ini bisa ketemu bunda2 hebat lainnya di jogja. Aamiin..,
    ijin share/ repost ya bunda buat berbagi dg mombassador lainnya.,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama bunda Puput, senangnya kalau tulisan saya bermanfaat^^ selamat ya bun, punya kesempatan untuk gabung dengan bunda bunda hebat lain dari seluruh Indonesia

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  4. Woow infonya lengkap banget bun...
    Insha Allah besok malem saya berangkat dari bandung via kereta api..
    Dapet info yg bagus bgt jd bisa bawa perlengkapan secukupnya. Makasih bun.

    ReplyDelete