Thursday, April 4, 2019

Semua Tentang "Emak"


Semua Tentang "Emak"

Entah sejak kapan ucapan kata "emak" lebih sering jadi bahan ledekan. Padahal "emak" itu panggilan sayang untuk perempuan yang melahirkan anak anaknya, sejenis dengan ibu, bunda, mama, dan sebagainya. Di daerah asal saya, sebagian besar ibu dipanggil "emak". Dan emak emak yang saya kenal itu adalah sosok yang bersahaja dan tidak neko neko. Makanya saya agak risih waktu emak jadi korban meme untuk kemudian dibully.

Kenapa saya ngga rela? Karena saya memanggil ibu saya dengan sebutan "emak"juga. Dan sikap beliau tidak seperti meme meme yang bertebaran. Jangankan mau kasih reting kanan belok kiri, emak saya tidak bisa naik motor matic. Emak juga tidak berani menghardik petugas yang memberhentikan kendaraannya di jalan raya. Rasanya emak yang sebenarnya tidak punya keberanian sebesar itu. Tapi saya heran meme "The Power of Emak emak" sudah lekat untuk perempuan yang menyandang status ibu. Kecuali untuk melindungi orang orang yang disayangi, emak sanggup menjadi pembela bak singa yang terluka.

Emak emak yang saya kenal, mereka santun dalam berbahasa. Emak hanya garang pada anak anaknya yang bandel dan tidak mau mendengarkan nasehatnya.

Mungkin jaman sudah berubah, banyak yang tak lagi menghargai emak. Begitu mudahnya mereka melempar guyonan di dunia nyata maupun sosial media. Seakan emak itu sosok norak yang baru paham hingar bingar dunia. Padahal jika mereka mau berpikir, apalah arti mereka tanpa emak emak yang melahirkannya ke dunia.

Emak, Ibu, Bunda, Mama merekalah pahlawan kita. Hargai mereka dengan tidak menjadikan status keibuan mereka bahan guyonan dimana mana. Karena kelak anak anak kita cepat atau lambat akan meniru apa yang kita perbuat.

Jika melihat seorang emak melakukan kesalahan, tegur baik baik. Mungkin itu karena ketidaktahuannya. Sekali kali berpikirlah positif agar hati jadi bersih.

"Ah, nanti emak emaknya ngamuk!"

Jangan berprasangka buruk dulu sebelum mencoba. Kalaupun akhirnya hasil yang didapat tidak sesuai harapan, minimal kita sudah menanam suatu kebaikan.

Yuk! Jangan tanamkan contoh buruk pada generasi penerus kita. Hormati emak, ibu, bunda, mama kita. Karena mereka, kita ada.

--JAKARTA, 04 April 2019--

*Tulisan ini juga ku post di salah satu group kepenulisan di Facebook dan juga di akun Faceookku

Tuesday, April 2, 2019

MENGGALI KENANGAN LEWAT LAGU


Hasil gambar untuk lagu kenangan

Pernah ngga sih kamu merasa terhanyut ketika menyanyikan sebuah lagu? Aku sih pernah! Saking sukanya kadang lagu itu bisa kuulang berkali kali setiap hari, menyesuaikan perasaan. Pernah dengar lirik lagu ini ngga?





Kemarin kita bertemu  
Setelah perpisahan itu
Hati terasa bergetar ... kembali
Aku tak dapat menahan cemburu
Aku tak dapat menahan pilu
Aku tak dapat menahan semua rindu
Kini jadi mimpi yang sedih
Gambar terkaitYang membuatku gelisah

By. Om Franky Sahilatua

Lagu lawas yang bisa bikin galau. Kalian search aja di Youtube untuk tahu lagunya seperti apa. Video klipnya buram karena memang itu lagu bisa jadi lebih tua dari umurmu.

Mendengar lagu bisa menjadi salah satu obat untuk menyegarkan jiwa. Tapi terkadang lagu itu malah makin bikin perasaan kita makin galau dan baper. So, pinter pinterlah memilih lagu untuk membangkitkan mood kalian.

Dari lagu favorit yang sering kita putar atau kita nyanyikan, diam diam bisa terbaca juga kalian itu generasi tahun berapa, hehehe. Kalau aku generasi Dewa, sedangkan suami generasi Kla Project. Dari band favorit masing masing saja sudah tertebak siapa yang lebih tua.

Tapi tak memungkiri juga kalau aku kadang suka lagu lagu lawas apalagi yang punya lirik ngena. Duuuuh bisa nyanyi saban hari

Lewat lagu kadang kenangan masa lalu seperti bisa hadir di pikiran kita. Kadang lagu bisa menjadi pengobat rindu. Kalau ada mesin waktu pengen banget ngadain time travel dan melihat tingkahku yang masih polos, malu malu di masa lalu. Ada banyak masa lalu yang ingin kuperbaiki, tapi itu jelas ngga mungkin. Jadi mau ngga mau sekarang cukup fokus menata hari ini dan esok. Masa depan lebih penting. Jika di masa lalu kita banyak membuat kesalahan, yuk kita minimalisir kesalahan itu sekarang. Siapa tahu kita bisa lebih legowo, ikhlas, lebih menerima apa yang telah kita lalui dan menjadi garis takdir hidup kita.

Nah kan?? Betapa dahsyatnya kekuatan lagu, sampai sampai membuat penikmatnya kangen masa lalu.

Friday, March 22, 2019

Masih Mimpi Yang Sama


See the source image

TELAT NGGA YAA??

Telat ngga sih kalau punya cita cita pengen jadi penulis tapi usia sudah hampir memasuki kepala empat? Huhuhuu itu aku bangeet!
Cita cita dari orok yang belum kesampaian sampai sekarang. Kalau sekedar menulis di diary, blog, posting status di media social ataupun sekedar corat coret di buku tulis anak anak yang udah ngga kepakai, itu udah biasa banget! Cita citaku itu pengen jadi penulis professional biar bisa menerbitkan karya, syukur syukur bisa menerbitkan novel best seller. Ciee ngarep!

Saking kepengennya sampai banyak sekali komunitas literasi ku follow. Dapat ilmu sih, dan tulisanku makin rapi tapi masalahnya di komunitas itu aku malah lebih sering menjadi penikmat alias pasif. Ide di kepala malah makin stuck. Entahlah. Sepertinya apa yang ingin kutuliskan itu sudah terwakili oleh tulisan mereka semua. Fiuuhh... aku jadi kehilangan ide segar.

Pernah juga coba coba mengikuti tantangan yang sering dilontarkan salah satu penulis favoritku, Tere Liye. Menulis 1000 kata perhari selama 3 bulan. Itu ternyata berat banget gaes! Awalnya lancar, lanjay kayak jalan tol. Makin lama ide makin tumpul dan berkurang. Baru dapat 15 hari, gue sudah menyerah gaes! Payah! Padahal kalau dihitung aku sudah bisa menulis 15.000 kata loh! Dan rasanya kalimat itu mengalir tanpa perlu dipikir terlalu keras kalau kita mau mengikuti saran bang Tere Liye. Cobaan terbesarku saat mengikuti tantangannya bukanlah rasa capek atau malas. Tapi tugas dan tanggung jawabku pada keluarga. Gimana mau nulis kalau anak anak tiba tiba ribet minta makanlah, minta ditemenin mandi, minta dicebokin, minta duit, dan lain lain.

Tapi sepertinya aku harus mencoba kembali dari awal. Mungkin saja aku sekarang bisa memenuhi tantangan itu karena anak anakku sudah semakin besar dan mulai mengerti hobby ibunya.

Semoga saja suatu saat nanti bisa kutelurkan karya yang benar benar fresh dari ideku. Doain deh gaes! Doa itu gratis, pahalanya besar kalau mendoakan kebaikan buat orang lain. Bismillah belajar semangat menulis lagi. Siapa tahu di masa yang akan datang kesempatan itu benar benar nyata. 

Yuk kalian yang tadinya malas malasan sama kaya aku, kita bareng bareng ngilangin kebiasaan malas ini. Dan mulai membekali diri dengan belajar dari berbagai sumber untuk menambah pengetahuan kita. Jaman sekarang apa apa sudah canggih dan penuh kemudahan gaes! Tinggal kita mau berubah dan berusaha. Gue selalu yakin, kalau tidak akan pernah ada kata terlambat selama kita mau mencoba.

SEMANGAT!


By. Sulis Musarofa 
1000 kata perhari DAY 1
Jumat, 21 Maret 2019

Sunday, February 17, 2019

MY BUSY TIME




Jam malam yang biasanya menjadi jam santai bagi sebagian orang malah menjadi jam super sibuk buatku. Mau tahu kenapa? Karena aku harus menjadi guru private buat dua anakku. Fiuuhh!!!

Kalau ada yang penasaran kenapa jam belajarnya ngga dibagi saja? Misalnya anak yang kecil belajar siang hari, yang besar malam hari? Masalahnya anak anak ngga bisa dipaksa dan aku mencoba menerapkan disiplin tapi tanpa paksaan. Bingung kan?? sama... eike juga, hahaahaa.

Jadi gini... anak anak punya jam wajib belajar setiap jam 7 malam kecuali hari Jumat dan Sabtu karena esoknya libur. Jumat Sabtu Minggu benar benar hari bebas buat anak anak. Mereka boleh bermain sesuka hati mereka. Main bersama teman, pergi  ke rumah teman, jalan jalan ke mall kalau mamanya lagi punya uang, hihiii atau main game di laptop/hp tentunya dengan batas batas yang bisa ditolerir ya! Waktunya makan harus makan, waktunya istirahat ya harus STOP semua kegiatan.

Sedangkan malam hari di hari Minggu, Senin, Selasa, Rabu, dan Kamis tugas mereka di rumah adalah mengaji dan belajar. Tidak ada pengecualian! Kewajiban itu harus dilaksanakan. Dan aku menetapkan jam wajib itu mulai pukul 18.00 WIB tepatnya setelah sholat Maghrib. Tugas pertama setelah sholat Maghrib adalah mengaji. Disini aku berperan menjadi guru ngaji mereka, bismillah aja deh berbekal ilmu yang kudapat ketika belajar mengaji dulu. Dan setelah sholat Isya' kewajiban mereka adalah belajar materi untuk esok hari. Dan kali ini peranku berubah menjadi guru private!

Dari sini bukan hanya kesibukan yang bertambah tapi juga kepanikan dan stress mulai menunjukkan tajinya. Mengajari dua orang anak dalam satu waktu dengan tingkatan yang berbeda. Si kakak sekarang duduk di kelas 5 SD sedangkan adiknya kelas 1. Kenapa harus stress? Karena aku harus pintar pintar membagi waktu saat mengajari mereka berdua. Kalau aku terlalu asyik atau kelamaan mengajari si adik, kakaknya malah asyik dengan mainannya dan melupakan kewajibannya begitu juga sebaliknya. Kalau aku dikasih kemampuan super, rasanya aku pengen punya kemampuan Amoeba saja biar bisa membelah diri.

Lalu bagaimana peran suami?
Mmmmm... sudah pasti aku ngarep banget peran suami dalam hal ini. Tapi aku harus memaklumi juga kalau suami sudah terlalu capek dengan pekerjaan di kantor. Selain itu sudah pasti otaknya sudah ngga begitu update dengan perkembangan belajar anak. Hihiii... peace, Pa

Kalau kalian punya jam sibuk seperti aku, kita senasib. Saranku biar tetap enjoy dan ngga terlalu stress sebaiknya kita nikmati saja tugas ini. Toh ini semua juga demi anak anak kita agar mereka menjadi anak yang berguna untuk agama, orang tua, keluarga, masyarakat, nusa dan bangsa! Aamiin.




Wednesday, September 26, 2018

SPOILER ALERT!!! : My Love From Another Star

REFERENSI PILIHAN DRAMA KOREA TER; DAEBAK!

MENGANDUNG SPOILER!! 

See the source image

Salah satu drama korea bergenre Romance Fantasy yang wajib menjadi tontonan untuk pecinta drama korea!

My Love From Another Star

Alternate Titles:

Subtitled In:


Starring

Friday, April 6, 2018

KODE DISKON SALESTOCK




Haloo para pecinta DISKON 😂😂

Kali ini Salestock bagi bagi kode senilai Rp 30.000,- tanpa MINIMUM PEMBELIAN!
Gimana? Asyik kan?
Buat kamu yang sudah gabung jadi member, langsung order barang pilihanmu, dan buat yang belum daftar...yuk! Buruan daftar!
Lumayan looh buat nambah koleksi kosmetik atau alat lenong kamu 😄 

Cukup masukkan kode :

BDGBB30K




Otomatis belanjaan kamu akan terpotong 30 ribu. Lumayan kaaan..

Kalau aku nyoba order ini, dan cuma kena ongkir 8 ribu aja looh...asyikkk ngirit binggow!
Cuzzz dicoba aja yaa...



Saturday, March 3, 2018




Hai Sobat!
Kabar bahagia nih buat cewek yang pengen punya tas Branded^^ Hanya dengan menunjukkan aktifitas Sehat & Cantikmu, kamu bisa memenangkan 5 tas branded dari Kate Spade, Longchamp dan Michael Kors, serta Voucher Belanja!

Mau tahu caranya? Simak dibawah ini ya!
> Like Page Kuis Harian 
> Like Page Hemaviton

Dan ikuti langkah langkah dibawah ini :

Awali harimu dengan aktivitas Sehat dan Cantik dengan hemaviton C1000 +Collagen. Yuk ikutan kompetisi #2KebaikanSehatCantik dan menangkan 5 Branded Bag & Voucher Belanja!
-
Caranya:
1. Upload foto, video atau kreasi Boomerang aktivitas Sehat dan Cantikmu dengan hemaviton C1000 +Collagen di kolom komentar atau wall post.
2. Tulis caption yang menarik tentang hemaviton C1000 +Collagen yang membuatmu selalu tampil sehat dan cantik.
3. Sertakan hashtag #2KebaikanSehatCantik &#hemavitonC1000.
4. Menangkan 5 tas branded dari Kate Spade, Longchamp dan Michael Kors, serta Voucher Belanja!
-
Periode kompetisi: 1 Maret – 15 April 2018
Lihat info selengkapnya di bit.ly/2KebaikanSehatCantik


SEMOGA BERUNTUNG!