Monday, October 4, 2021

BYE BYE JERAWAT : Pengalamanku Bebas Dari Jerawat




Masih berantem sama jerawat? Ngga pede gara gara tato alami alias bopeng yang ditinggalin setelah jerawat mengempis? Fiuhh... I Feel You. Aku juga pernah di fase ini kok. Jadi tahu banget gimana rasanya. Puluhan tahun bergelut sama jerawat yang setiap hari silih berganti muncul di muka itu udah jadi makananku sehari hari. Sedih, kesel, minder, dan ngerasa "kok, mukaku kayak gini ya? Temen temen yang lain aja enggak". Mana kalau diraba ngga ada alus alusnya pisan. Berasa kayak jalanan yang dipenuhi batu kerikil. Hiks! Minder maksimal. Belum lagi pandangan orang lain yang pikirannya  kayak bisa dibaca, "ih, mukanya kotor. Banyak jerawatnya."

Mereka ngga tau perjuangan manusia manusia yang dikasih jerawat di wajah. Sudah rajin cuci muka sama pakai skincare anti jerawat semaksimal mungkin tetap saja jerawat ngga mau pergi. Yang ada jerawat makin ganas kalau sampai salah pilih produk perawatan muka. Serba salah deh pokoknya.

KENALI KULITMU



Kulit yang sering ditumbuhi jerawat itu biasanya jenis kulit berminyak dan sensitif. Itu sebabnya kotoran gampang nempel, minyak mudah menumpuk dan menutupi pori pori hingga menyebabkan kulit meradang dan terbentuk jerawat. Jadi jangan sembarangan pakai produk buat wajahmu. 

Gonta ganti produk perawatan wajah itu udah jadi makananku. Bahkan saking stressnya karena ngga ada yang mempan buat ngilangin jerawat, aku pernah terjerumus pakai produk yang berbahaya. Semata mata karena embel embel, "Pakai produk kosmetik itu nanti muka kamu bakal cepet bersih, putih, instan, ngga pakai lama." Bukan kulit bersih yang kudapatkan, justru kulit mukaku yang sensitif malah jadi rusak, merah dan mengelupas. Pas pemakaian produk kosmetik itu dihentikan, iuuuuhh... jerawatku muncul makin parah!


AKHIRNYA KETEMU YANG COCOK

Setelah jatuh bangun dan salah pakai berulang kali. Akhirnya ketemu juga rangkaian produk yang bener bener cocok di mukaku. Tapi ini ngga instan loh! Aku butuh waktu sekitar 2 tahun hanya untuk membuat jerawat berkurang. Dan meskipun muncul, jerawat ini mudah mengecil, cepat mengering dan tak lagi meradang.

Sementara untuk mengurangi penampakan bopeng yang terlihat dalam karena bekas jerawat yang besar, butuh waktu lebih lama. Cekungan cekungan dalam di pipi itu memang ngga mudah dihilangkan. Suka minder kalau lihat kulit pipi teman teman yang mulus tanpa jurang.

Aku butuh waktu 2 tahun hanya untuk membuat bopeng dan cekungan itu kembali sama rata dengan kulit pipi yang tidak terkena jerawat.

Ini bukan endorse ya! Aku hanya berbagi pengalaman. Karena aku tahu gimana rasanya punya wajah yang bermasalah sama jerawat.

Aku pakai rangkaian produk ini, KOJIE SAN LIGHTENING.

  • Untuk muka aku pakai SABUN MUKA Kojie San Kojic Acid Soap Skin Lightening, pagi dan sore setelah mandi.
  • Setelah pakai Sabun muka, aku pakai TONER Kojie San
  • Kemudian pakai Kojie San LIGHTENING CREAM
Awalnya ngga nyaman karena Sabun mukanya itu perih banget, trus Cream nya juga kayak lengket di wajah. Tapi aku kuat kuatin pakai. Eh, satu minggu setelah pemakaian rutin, kulit mukaku terlihat lebih cerah. Bukan putih ya, hanya cerah. Dan rasa perih karena sabun muka juga mulai berkurang. 

Meskipun belum mempan mengusir jerawat, aku tetap rutin pakai sampai rangkaian produk ini habis. Hasilnya, setiap keluar jerawat, meskipun membesar, jerawatnya mudah kering, kempes sendiri dan ngga meninggalkan noda baru di wajah.

Seneng banget dong! Jerawat memang masih terus bermunculan. Tapi ngga separah dulu. Kalau dulu sekali muncul bisa lebih dari 2 - 3 jerawat, sekarang hanya muncul satu persatu. Itupun cepat hilang dan kempis.

Setahun berlalu seperti itu. Setelahnya, bekas bekas jerawatku mulai berkurang. Dua tahun lamanya untuk membuat bintik bintik cokelat dikulit mukaku mulai memudar. Dan selama pemakaian produk ini, aku ngga pernah gabungin pakai produk lain. Paling sesekali kalau ada acara penting, baru aku pakai concealer, bedak, atau apalah itu namanya.

Memang lambat, tapi sekarang aku tinggal menikmati hasilnya. Empat tahun setelah pemakaian, bopeng bopeng dan cekungan mulai sembuh satu persatu. Dan sekarang meskipun ngga glowing dan licin, mukaku mulai mulus tanpa bopeng. Alhamdulillah wa syukurillah. Aku jadi ngga minder lagi karena muka jadi kelihatan lebih bersih tanpa bekas jerawat.

Jadi, buat kalian yang punya problem sama denganku. Kalian boleh coba tips ku diatas. Ingat ya! Ngga ada yang instan. Asal rajin dan ngga males, kalian pasti dapat hasilnya kok.


Dan sampai saat ini, aku masih setia pakai produk ini buat muka. Sekarang kemasannya udah baru dan formulanya juga diperbarui sepertinya. Dan lebih ramah di muka. Ngga lengket dan cepat meresap. Plus lebih cepat bikin kulit menjadi cerah.

Sekali lagi, aku ngga ada di endorse sama sekali. Sayangnya aku ngga punya foto saat dulu mukaku penuh jerawat. Jangankan foto, tatap muka sama  orang aja ngga pede karena malu diliatin jerawatnya. Jerawat itu benar benar membuatku insecure parah! Tapi sekarang sejak muka kembali bersih, aku sudah mulai berani ambil selfie close up.

Segini dulu ya bagi bagi pengalamanku dengan kulit wajah berjerawat. Masih banyak sebenarnya yang mau kutulis. Kalau kalian ada yang mau ditanyakan, boleh kok kirim komentar disini. Siapa tahu aku bisa menjawabnya sesuai pengalamanku. Terimakasih!

Semangat para pejuang jerawat!


No comments:

Post a Comment